Sekowah

Berawal dari obrolan ringan tentang biaya pendidikan dengan Suyanda lengkap dengan opsi apakah anak piyik dimasukan ke SD negeri atau swasta.

Saya juga sering nemplok trit ibu ibu tentang SD macam apa yang bagus, sesuai dengan perkembangan jaman.. halah..

Rempong yah jaman sekarang? dulu pas jaman Mamih muda, pikiran beliau cuman gimana caranya anaknya masuk SD negeri. titik. Ga negeri ya ga usah sekolah katanya *sedep ya aturannya?*

Saya pribadi sih pengen Arvin (dan adiknya nanti, amiiin) jadi anak yang bisa mengeluarkan pendapatnya dengan lugas (amin lagi), dan melihat fenomena pengajaran satu arah kayak di sekolah negeri, kok saya jadi mikir lagi yah?

Tapi yah, dulu pas SD, saya berasa speak up-speak up aja tuh, terutama pas kelas 5, pas guru yang megang kelas saya jago abis, gara gara beliau pula saya pernah ikut seleksi murid teladan sampe kotamadya *penting ini, penting!!*, ngacung doang mah cetek.

Kebiasaan ngacung saya ini hanya bertahan sampe SMP, boleh dikata, pas SMP (yangkatanya favorit itu) ngacung itu dianggap kegiatan caper, atau entah kenapa alasannya, Pas saya jago di satu bidang pelajaran-dan-disayangguru-laludisuruhmemeriksasoal-dibilanggabecus.

Saya kalah.

Semenjak protes bertubi tubi karena saya memeriksa soal, saya berfikir salah kali ya jadi orang yang suka ngacung, lalu sepertinya: hidup akan selalu aman kalau ikut arus, dan diam.

Saya salah.

Saya kalah dengan sistem, dan menyerah kalah.

Sungguhpun, saya ga mau anak saya ngalamin hal kaya gitu, saya ga mau kejadian di SD Gubeng Surabaya ada lagi, apalagi sekarang, dimana kerjaan Diknas ganti ganti kurikulum, tiap angkatan jadi bahan percobaan, RSBI udah diapus, apa lagi kebijakan salah yang bakal diganti wahai Diknas?

Ini kenapa jadi ngelantur gini.

Yah, intinya, saya lieur mau gimana nanti, saya pengennya masukin ke sistem pendidikan jadi sih, bukan yang saban 4 taun ganti buku, atau didikan guru capruk murid calangap.. Apa pindah ke ERopa aja gitu? *merem melek*

Satu lagi, ini contoh percakapan pendidikan feodal jaman SMP
Guru : ‘Anak anak, negara ASEAN itu ada berapa?’
murid : ‘ 10 Buuuuu’
Guru : ‘Eeeh nyanyahoanan, 9 Negara ASEAN itu…’
*Pas Ulangan
Guru : ‘Ieu murid teh kunaon ngisi ulangan negara ASEAN 9, Kata Ibu juga 10!’

‘.’

3 responses to “Sekowah

  1. sebagai manusia yg pernah sd di empat sd, semoga sd2 sekarang gurunya pada emang niat ngajar gak kerjanya nyuruhin ngapalin perkalian, kalo ngga apal ngga boleh pulang… >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s