Seri Pendiri Republik, TEMPO

Book Report sodara sodaraaaaaaa……

SERI PENDIRI REPUBLIK, empat buku :  Syahrir, Soekarno, Hatta dan Tan Malaka

alkisah di siang hari yang mencorong dan mencotot di bulan ramadhan, gw sama babah nengok Togamas di Jalan Supratman Bandung, judulnya sih ada diskon gitu ampe 30%  buat semua buku.  Semua buku? tidak, kalo keluaran Kompas-Gramedia cuman dua puluh persen aja.

Oke, sebenernya sih niat awal gw cuman beli buku 9 summers 10 autums karangan entah siapa yang (katanya) inspiring, tapi karena diskon, RABAT, potongan itu kami jadi tergiur buat mengambil lebih dari enam buku… MasyaAllah, dikata yang punya Togamas kita ini orang kaya kali ya (amin)

Nah, karena ada keributan kecil sebelumnya antara gw dan babah  untuk menentukan siapa yang lebih keren antara Soekarno atau Hatta, jadilah kita sepakat membeli seri pendiri republik ini.  Inget ya, buat menentukan siapa yang lebih keren. sungguh niat mulia

Bukunya bagus loh, ternyata Indonesia ini didirikan sama orang niat, pinter, dan…  berkomposisikan tiga orang Koto Gadang Sumatera Barat dan Satu orang Jawa-Bali.  Bisa ketebak lah ya, cerita paling hip itu tentunya Oom Karno, alur ceritanya lebih nyeleneh dan berbumbu gosip, dibanding ketiga sisanya yang rata rata lempeng jaya.

Salah satu cerita yang paling lucu itu itu aksi pengawal Oom Karno mengempesi ban mobil ibu negara karena di dalam istana ada istri lain, booo niat abiiis, pake acara ada petugas pengecek sisa sisa perang macem cam lipstik, atau bau parfum.. waduah..

Hatta dan Syahrir punya kesamaan, selain daerah, mereka pernah mengecap pendidikan di luar Indonesia dan belajar demokrasi dari kacamata mahasiswa di luar negeri, mereka ini asli ce-es an dan pernah dibuang bareng ke Digul.

Nah Tan Malaka ini misteri, kata gw dia ini lebih legenda, dan cerita tentang beliau lebih merupakan report orang orang yang pernah ketemu atau mempedomani buku yang dia bikin, bacanya cuman tahan setengah buku @.@

Intinya yah, memang sejarah itu ga ada yang tau siapa yang bener, sangat tergantung point of view orang yang bacanya, makin banyak referensi makin relatif tahu.  Yah, jangan asal bilang tau lah kalo sumbernya cuman satu.

Hayu ah kita membacaaaaaaaaaa….

Jas Merah

ogah ah, emang kite PDIP?

2 responses to “Seri Pendiri Republik, TEMPO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s