acungkan jarimuuu

Beberapa bulan yang lalu, gw pernah menerima imel yang menggetarkan hati, bikin bengong, iri, mata berkedut kedut, ketek basah dan hati mencuat.

Imel cinta?

tentu saja bukan… ini imel foward an yang sumbernya dari Anis Bawedan (tentunya gw adalah orang ke ratus ratus kali kefoward, atau sebenernya Anis Bawedan kenal gw ya? ah malu eike) tentang program Indonesia Mengajar.

Indonesia mengajar ini terinspirasi dari Gagasan Anak Sipil ITB angkatan 20′an yang mengirim mahasiswa ke seluruh pelosok Indonesia dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan tentunya pengajaran.

Selama kurun waktu 1951-1952, Pengiriman Tenaga Mahasiswa (PTM) berhasil mengirimkan 1.487 mahasiswa untuk mengajar di 161 sekolah lan jutan tingkat atas di 97 daerah terpencil di luar Jawa. Hasil dari program PTM ini adalah meningkatnya jumlah mahasiswa dari kalangan masyarakat biasa yang terinspirasi atau terbantu untuk kuliah. Sebelumnya, hanya bangsawan dan orang berada saja yang bisa menjadi mahasiswa.

Si Oom yang masih membuat semua Mahasiswa Sipil belagu ini pun bilang

“Satu Taun Mengajar, Seumur Hidup Memberi Inspirasi”

*mari Oom, oke deh yey*

Balik ke program IM. Jadi diadakanlah seleksi lulusan mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia, dari sekitar 1300 an, hanya diterima 51 orang.

Syaratnya serius ini mah (ini juga yang bikin bibir gw kedut kedut) ipk minimal 3.25, dan harus berprestasi. Jadi, orang yang masuk sini pastinya diseleksi dengan ketat, dan beliau beliau akan ditempatkan di 5 kawasan terpencil Indonesia.

Pas baca ini yah, gw langsung membayangkan betapa bahagianya nyungsep di kampung, ditatap mata kecil yang semangat, bisa diajarin gimana caranya membakar kertas dengan lup, atau mungkin mengajarkan matematika lengkap dengan teori dahsyat gw bahwa matematika bohong kalau tidak mengkotret. Atau mungkin mengikuti Bu Rusmaeni memperagakan mamalia laut dengan buku.

Rasulullah bilang kalo orang berpendidikan akan ditinggikan derajatnya. Berarti, pengajar yang baik akan berkontribusi banyak meninggikan derajat seseorang di dunia, InsyaAllah di akhirat juga.

Doakan teman2 yah, smoga gw bisa mengajar, dikasih jalan yang baik, rejeki yang baik, jadi ngajar teh ga pahibut sama nyari duit *in case tak ada yang baca, gw aminin dulu, AMIIIIIN*

Oia temen gw ada yang lulus program ini loh

kahim, i envy youuuuuu… salam super

-Ratih, Pengajar-

11 responses to “acungkan jarimuuu

    • ga mungkin mas, maksimal umur 26 taun aja gitu, trus ipnya, trus trus trus 😦 ajarin bisa menimba ilmu dengan selamat saja deh :p

  1. taun depan ada lagi, tih..
    tapi sayang buat kita sih.. kepentok UMUR!! :))
    kecuali namanya diganti jadi Pengajar Paruh Baya.. :D:D

    btw, yg si BK kok ga dicantumin IPnya ya? :p

    btw lagi, signaturenya bagus.. 🙂

  2. ip juga nda, buat gw mah :))

    iya, gw curiga deh, anak itb 2 biji ipnya ga ada.. sementara yang lain disubutin paling awal… hihihi

    makanyaaa, doain (maksa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s